Friday, August 14, 2020

Penyakit Umum Yang Sering Di alami Balita Yang Wajin Diketahui Oleh Ibu

Selama usia bayi hingga prasekolah, anak-anak akan mengalami sakit 6-8 kali per tahun. Berikut adalaha 5 Penyakit Umum Yang Sering Di alami Balita dan bagaimana cara mengatasinya

Kondisi kesehatan bayi dapat terjadi karena antibodi yang sedikit satu get dari ibu selama kehamilan hanya berlangsung selama 6-12 bulan. Akibatnya, sistem kekebalan tubuh yang belum matang menyebabkan rentan terhadap penyakit.

Sistem imun tubuh yang matang akan dicapai ketika anak-anak usia 5 tahun. Selain itu, lingkungan juga meningkatkan kemungkinan anak yang sakit, seperti asap rokok dan paparan kuman di tempat penitipan anak atau sekolah. Ada lima kondisi yang sering dialami oleh anak-anak yang sakit, yaitu:

Penyakit Umum Yang Sering Bagi Anak-Anak

1. infeksi saluran pernapasan atas (ISPA)

Kondisi ini biasanya disertai dengan gejala seperti pilek, batuk dan demam. Demam pada ISPA dapat mencapai 39-40 derajat celcius dan sering membuat ibu merasa khawatir.

ISPA umumnya disebabkan oleh virus, sehingga anak akan sembuh dengan sendirinya selama 7-10 hari. pengobatan ISPA biasanya dalam bentuk obat untuk meringankan gejala dan tidak memerlukan antibiotik.

Yang perlu dilakukan jika ibu anak menderita ISPA antara lain kompres jika demam, memberi demam mengurangi obat, obat flu, memberi minum lebih dari biasanya, dan memperhatikan dengan gejala perjalanan kecil.

Jika gejala yang lebih parah, seperti sesak napas berat, napas cepat, batuk darah, dan demam dengan kejang-kejang, sebaiknya segera bawa anak ke dokter.

Ibu juga perlu mengajarkan si kecil untuk menutup hidung saat bersin dan menutup mulut saat batuk sehingga anggota keluarga yang lain tidak terinfeksi.

2. Bintik-bintik Merah Pada Kulit

Umumnya, bintik-bintik merah yang muncul pada kulit anak yang disebabkan oleh penyakit yang cukup beragam, tapi tidak berbahaya.

Bintik-bintik merah bisa menjadi tanda penyakit yang disebabkan oleh virus, bakteri, parasit, reaksi alergi, atau gangguan pembuluh darah.

Tapi ada tiga kondisi yang paling sering terjadi dengan menandai bintik-bintik merah, infeksi yaitu virus non-spesifik, campak, dan cacar.

Non-spesifik infeksi virus (viral exanthema) sering menimbulkan bintik-bintik merah di tubuh, lengan, dan kaki tanpa bentuk tertentu.

Tidak ada gejala khas dari infeksi, tetapi anak-anak mungkin mengalami demam, menggigil, batuk, pilek, kecemasan, dan kesulitan makan.

Lain halnya pada campak, bintik-bintik merah biasanya muncul pertama di wajah atau belakang telinga dan menyebar ke bawah.

Campak sering disertai dengan hidung meler, sakit tenggorokan, dan mata merah. Cacar ruam berbeda dari tempat di campak. Dalam cacar, bintik-bintik https://saletoryburchshoes.net/effective-tips-to-win-online-slot-gambling/  merah akan menyerupai jerawat berisi cairan dan gatal.

Bintik-bintik merah karena penyakit peyakit tersebut umumnya tidak berbahaya dan akan hilang dalam waktu 7 hari.

Ibu bisa memberikan obat penurun panas jika demam anak Anda dan gatal lega salep jika anak terus-menerus menggaruk kulit.

Ibu masih harus membawa anak Anda ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut dan menyingkirkan penyakit lain dan untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

3. Gangguan Pencernaan

Salah satu masalah pencernaan sering dialami oleh anak-anak adalah konstipasi. Konstipasi atau sulit buang air besar (BAB) bisa disebabkan oleh kurangnya makanan berserat, obat-obatan tertentu. Sering menahan BAB, atau gangguan usus.

Untuk mengatasi hal ini, ibu dapat mencoba untuk menambahkan serat makanan (Sayuran dan buah-buahan), pastikan asupan air yang cukup dan anak-anak mengajar untuk tidak menahan buang air besar.

Anak-anak perlu dibawa ke dokter jika sembelit berlangsung lebih dari dua minggu atau disertai dengan gejala demam, muntah, penurunan berat badan, pembengkakan perut, atau darah feses.

Sedangkan pada pemberian obat pencahar harus sesuai instruksi dari dokter.

4. Keracunan

Balita selalu ingin tahu dan ingin menjelajahi keadaan sekitarnya. Anak sering termasuk berbagai benda ke di mulut sehingga bisa terjadi keracunan.

Bahan beracun antara obat-obatan berbahaya lainnya, produk pembersih rumah tangga, pestisida, gas, dan minyak tanah. Selain menelan, bahan beracun dapat mempengaruhi kulit, atau mata.

Cara penanganan pertama bisa seorang ibu lakukan ketika keracunan anak, tergantung pada jenis peracunan.

Jika bahan racun tertelan, segera minta anak untuk menghapus sisa bahan yang masih ada di mulut. Hindari memaksa anak-anak memuntahkan materi beracun yang telah ditelan atau memberikan muntah sirup perangsang. risiko muntah meningkat choke (bahan beracun ke dalam saluran udara) penyebab yang lebih besar bahaya.

Selain itu, beberapa bahan beracun berifat kaustik (bisa melarutkan) dapat menyebabkan kerusakan pada selaput lendir esofagus dan mulut jika muntah.

Contoh bahan kaustik adalah cairan pemutih atau pembersih yang mengandung amonia. Ketika terkena zat beracun pada kulit, kemeja segera terbuka dan anak bilas dengan air hangat selama 15 menit.

Demikian pula, jika materi beracun daerah mata yang terkena. Bersihkan mata dengan air mengalir selama kurang lebih 15 menit.

Setelah melakukan pertolongan pertama, anak harus segera dibawa ke dokter untuk mendapatkan penyelidikan lebih lanjut.

5. Terjatuh

Anak-anak yang jatuh adalah hal yang wajar. Karena proses perkembangan anak, yaitu, ketika anak-anak belajar berjalan, berlari atau melompat, ada kalanya ia jatuh.

Jatuh pada anak-anak umumnya ringan dan hanya menyebabkan luka ringan atau memar. Namun, sebagian kecil dari peristiwa jatuh bisa berakibat fatal.

Jatuh yang menyebabkan luka ringan hanya membutuhkan perawatan luka, seperti mencuci luka dengan air dan administrasi antiseptik.

Memar akan hilang dengan sendirinya tanpa pengobatan khusus. Beberapa jenis jatuh yang memerlukan perhatian khusus, antara lain jatuh di kepala dan jatuh dari ketinggian.

Jika ini terjadi, ibu harus segera memeriksa seluruh tubuh anak, jika ada cedera serius, kemungkinan patah tulang, atau hilang kesadaran.

Jika tidak ada kelainan dan anak menjadi Biasanya, kemungkinan besar tidak berbahaya. Jauhkan anak mata selama 24 jam ke depan.

Namun, segera bawa anak ke dokter jika tidak sadar, pengalaman pendarahan, kejang, menangis atau muntah terus-menerus, dan ada tanda-tanda patah tulang.